Printer Epson Atau Printer Canon ??

aa2013x12x16xx07x06x56xfb5c81ed3a220004b71069645f112867

Artikel kali ini ngulikkomputer akan membahas pilihan di antara printer Epson atau printer Canon. Bagi yang sedang memilih printer mungkin artikel ini bisa membantu.

Kita akan membahas berdasarkan pengalaman pribadi saya :).

Printer pertama yang saya beli di tahun 2010 adalah printer Canon, kebetulan saya memakai printer untuk kebutuhan usaha saya “warnet”. Untuk pemakaian, printer Canon saya rasa memang cocok untuk skala warnet karena  proses print relatif cepat, untuk warna pun cukup memuaskan. Tapi ada satu masalah yang sangat saya rasakan, mungkin teman-teman yang sudah pernah memakai printer Canon mengalaminya juga. Masalah yang sering saya rasakan adalah tentang jangka waktu pemakaian catridge, hampir setiap 2 bulan sekali bahkan terkadang 1 bulan sekali saya harus mengganti catridge.

Dikarenakan harga 1 buah catridge cukup mahal saya mulai memikirkan masalah finansial, jika saya mengganti catridge setiap 2 bulan atau 1 bulan sekali yang kira-kira Rp. 250.000,- lebih baik saya mencari printer dengan merk lain.

Singkat cerita, tahun 2011 saya mengganti printer lama “Canon” dengan printer baru “Epson“. Saya membeli printer Epson TX121, printer ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya : Scanner, Photo copy, catridge infus. Printer ini saya pakai sampai tahun 2015, selama sekitar 4 tahun pemakaian hanya mengganti catridge kira-kira 3x yang harganya relatif lebih murah daripa catridge Canon, harga catridge Epson kira-kira Rp. 50.000 – 70.000 (sudah plus tabung tinta). Kenapa jauh lebih murah ?, menurut saya karena catridge Epson sudah support atau sudah memakai proses infus.

Tahun 2016 ini saya kembali menggunakan kembali printer Canon, karena printer Epson TX121 saya mengalami kerusakan saat scanner saya di service 😦 . Dan hasilnya saya kembali harus sering membeli catrdige yang harganya lumayan menguras dompet.

So, ini hanya pengalaman pribadi saya, mungkin teman-teman punya pendapat atau pengalaman lain memakai printer merk Canon atau Epson. Dan artikel ini bukan bermaksud menjelek-jelekan salah satu produk, tapi disini saya hanya sharing pengalaman yang pernah saya alami. Untuk referensi teman-teman yang sedang memilih printer, boleh di share ceritanya di kolom komentar ya :).

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s